RPP Peer Tutoring di Kelas VI


pembelajaran tutor sebayaPerencanaan merupakan serangkaian aktifitas yang dilakukan pada awal sebuah kegiatan. Perencanaan bertujuan mengarahkan kegiatan sesuai dengan harapan. Merencanakan dengan baik maka kita telah merencanakan keberhasilan, sebaliknya perencanaan yang buruk merupakan sebuah awal kegagalan.

Dalam pembelajaran di SD, khususnya kelas VI siswa telah mempunyai keberanian dalam mengeluarkan pendapat, berdebat dan melakukan diskusi dengan teman sebayanya. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan guru sebagai modal awal yang mendukung pembelajaran yang dilakukan guru. Guru dapat merencanakan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa serta aktifitas siswa dalam berdiskusi. Oleh karena itu, guru dapat mencoba metode tutor sebaya (peer tutoring).

Dalam metode tutor sebaya ini, salah satu siswa dapat bertindak sebagai tutor. Peran tutor dapat menggantikan peran guru dalam membimbing siswa yang kurang pandai. Dengan menggunakan tutor yang diambil dari teman sebaya, siswa diharapkan dapat lebih terbuka dalam mengutarakan kelemahan-kelemahannya. Selain itu, siswa juga diharapkan tidak merasa takut untuk bertanya kepada tutornya.

Dengan metode tutor sebaya ini, kita tidak hanya mendapat keuntungan pada peningkatan kompetensi siswa yang sebelumnya kurang memahami konsep pembelajaran. Namun, dampak metode peer tutoring ini juga dirasakan oleh tutor. Hal ini dikarenakan seorang tutor akan bertanggung jawab atas anggota kelompok bimbingannya. Dengan kata lain, tutor akan berpikir lebih keras agar apa yang dia sampaikan tidak keliru.

Bila anda merasa desain pembelajaran tutor sebaya ini patut untuk dicoba pada siswa Anda, silakan kunjungi contoh perencanaan pembelajaran tutor sebaya melalui link berikut:

Contoh 1 RPP Peer tutoring

Contoh 2 RPP Peer tutoring

Semoga posting ini bermanfaat. “Pengunjung yang bijak adalah pengunjung yang meninggalkan jejak

Salam bangkit.

Kunjungi juga:

Hakikat pembelajaran Peer Tutoring

Tentang Irwanto, S.Pd.SD

Seorang pendidik di sebuah SD negeri di Kabupaten Wonogiri yang ingin berbagi dan bertukar pemikiran serta berdiskusi tentang dunia pendidikan khususnya dunia sekolah dasar lewat blog.
Pos ini dipublikasikan di Perangkat Pembelajaran 6 dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s