Metode Peer Tutoring


Hakikat metode peer tutoring

Ditinjau dari segi etimologis (bahasa), metode berasal dari bahasa Yunani, yaitu ”methodos”. Kata ini berasal dari dua suku kata, yaitu ”metha” yang berarti melalui atau melewati, dan ”`hodos” yang berarti jalan atau cara. Maka metode memiliki arti suatu jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan. Sedangkan bila ditinjau dari segi terminologis (istilah), metode dapat dimaknai sebagai ”jalan yang ditempuh oleh seseorang supaya sampai pada tujuan tertentu, baik dalam lingkungan atau perniagaan maupun dalam ilmu pengetahuan lainnya”.

Peer Lesson adalah sebuah metode pengembangan dari Peer Teaching yang dilakukan dalam kelas dengan menempatkan seluruh tanggung jawab untuk mengajar para siswa sebagai anggota kelas. Kemudian metode ini berkembang dan dispesifikasikan menjadi tutor sebaya dengan menempatkan siswa dalam sekelompok dasar yang telah tuntas terhadap bahan pelajaran. Kelompok tersebut dapat memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami bahan pelajaran yang dipelajari.

Metode Peer Tutoring merupakan penempatan siswa kelas tertentu yang memiliki kemampuan di atas rata-rata anggotanya dan bertugas untuk membantu kesulitan anggota kelompok dalam memahami materi pelajaran. Metode Peer Tutoring disusun dari sekelompok siswa yang heterogen dan telah tuntas terhadap bahan pelajaran, memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami bahan pelajaran yang dipelajari.

Jadi, ketika siswa yang telah menguasai materi atau tuntas dalam materi pokok bilangan pecahan bisa langsung membantu siswa yang belum menguasai materi (atau kelompok lain) dan siswa dapat melakukan keterampilan memecahkan masalah untuk memilih dan mengembangkan kreatifitas. Menurut Oemar Hamalik dalam Agus Suwarno (2009: 6) mengatakan bahwa kelompok sebaya merupakan wadah yang sangat penting bagi terselesaikannya tugas-tugas perkembangan yang dihadapi para siswa. Di sinilah peran-perannya menurut jenis kelamin masing-masing. Mereka belajar berkooperasi, berkompetisi, belajar ketrampilan-ketrampilan sosial, belajar tentang nilai-nilai, hidup bergotong royong dalam kehidupan bersama menuju tujuan-tujuan bersama. Dengan menggunakan metode pembelajaran Peer Tutoring diharapkan setiap anggota lebih mudah dan leluasa dalam menyampaikan masalah yang dihadapi sehingga siswa yang bersangkutan terpacu semangatnya untuk mempelajari materi pelajaran yang lebih baik.

Kriteria pemilihan tutor

Untuk mencapai hasil pembelajaran Peer Tutoring secara optimal maka diperlukan tutor yang baik dengan melakukan pemilihan yang demokratis oleh setiap siswa yang memuat kriteria sebagai berikut:

  • Memiliki kemampuan akademis di atas rata-rata siswa satu kelas.
  • Mampu menjalin kerjasama dengan sesama siswa.
  • Memiliki motivasi tinggi untuk meraih prestasi akademis yang baik.
  • Memiliki sikap toleransi dan tenggang rasa dengan sesama.
  • Memiliki motivasi tinggi untuk menjadikan kelompok diskusinya sebagai kelompok yang terbaik.
  • Memiliki sikap rendah hati, pemberani, dan bertanggung jawab.
  • Suka membantu sesamanya yang mengalami kesulitan.

 Tugas dan tanggung jawab tutor

Tutor mempunyai tugas dan tanggung jawab yaitu:

  • Memberikan tutorial kepada anggotannya terhadap materi pelajaran yang sedang dipelajari.
  • Mengkoordinir proses diskusi agar berlangsung kreatif dan dinamis.
  • Pemantapan materi yang sedang dibahas dan dipelajari.
  • Pengayaan pengetahuan dan pengalaman siswa sehingga hal-hal yang telah dipelajari menjadi jelas, luas, dan terpadu.
  • Tutor membimbing temannya dalam mengatasi kesulitan dan permasalahan.
  • Refleksi atas kelemahan atau kekurangan dalam mempelajari materi dalam suatu bagian maupun dalam keseluruhan modul, melalui pemantapan dengan memberikan contoh dan latihan soal.
  • Pembinaan terhadap siswa, terutama dalam hal cara belajar mandiri, pembuatan tugas-tugas, prosedur penilaian, dan lain sebagainya.
  • Menyampaikan permasalahan kepada tutor, dan bila tutor mengalami kesulitan, kemudian tindakan tutor adalah menanyakan kepada guru pembimbing bahwa ada materi pelajaran yang belum dikuasai.

Tujuan pembelajaran tutorial

Tujuan pembelajaran turotial adalah sebagai berikut:

  • Untuk meningkatkan penguasaan pengetahuan para siswa sesuai dengan materi belajar.
  • Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa tentang cara memecahkan masalah, mengatasi kesulitan atau hambatan agar mampu membimbing diri sendiri.
  • Untuk meningkatkan kemampuan siswa tentang cara belajar mandiri dan menerapkannya pada masing-masing materi yang sedang dipelajari.

Manfaat metode Peer Tutoring

Manfaat Menggunakan Metode Peer Tutoring yaitu:

  • Ada kalanya hasil yang diperoleh lebih baik bagi beberapa siswa yang mempunyai perasaan takut atau enggan kepada guru.
  • Bagi tutor, pekerjaan tutoring akan mempunyai manfaat untuk memperkuat konsep yang sedang dibahas. Dengan memberitahukan kepada siswa (teman sebaya) lain, maka otomatis tutor menelaah serta mempelajari materi kembali materi yang sedang dibahas.
  • Bagi tutor merupakan kesempatan untuk melatih diri memegang tanggung jawab dalam mengemban suatu tugas dan melatih kesabaran.
  • Mempererat hubungan antara sesama siswa sehingga mempertebal perasaan sosial.

Kelebihan dan kelemahan metode Peer Tutoring

Penerapan metode Peer Tutoring dilakukan untuk memberdayakan kemampuan siswa yang memiliki daya serap tinggi, siswa yang menjadi tutor bertugas mengajarkan materi atau memberikan penjelasan kepada teman-temannya yang belum paham. Metode ini banyak sekali manfaatnya baik dari siswa yang berperan sebagai tutor maupun bagi siswa yang diajarkan diantaranya sebagai berikut:

  • Sudut positif pembelajaran Peer Tutoring adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan siswa yang merupakan pendekatan bukan kompetitif melainkan kooperatif yang memuat rasa saling menghargai dan mengerti dibina di antara siswa yang bekerjasama. Sebagai tutor akan merasa bangga atas perannya dan juga belajar dari pengalamannya, hal ini membantu memperkuat apa yang telah dipelajari dan diperolehnya atas tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Ketika siswa belajar menggunakan metode Peer Tutoring, siswa juga mengembangkan kemampuan yang lebih baik untuk mendengarkan, berkonsentrasi, dan memahami apa yang dipelajari dengan cara yang bermakna.
  • Kelemahan dari pembelajaran Peer Tutoring antara lain: Pertama, tidak semua siswa dapat menjelaskan kepada temannya. Kedua, tidak semua siswa dapat menjawab pertanyaan temannya.Untuk mengantisipasi dan meminimalisir kesalahan saat penerapan metode Peer Tutoring maka tugas guru adalah sebagai fasilitator yang mengawasi kelancaran pelaksanaan metode ini dengan memberi pengarahan dan lain-lain.

Beriikut ini adalah video pembelajaran peer tutoring yang telah kami coba lakukan. Silakan lihat video berikut ini:

Sumber :Irwanto.(2015). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Bilangan Pecahan Melalui Metode Peer Tutoring Pada Siswa Kelas VI SD Negeri I Ngelo Kecamatan Jatiroto Semester II Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Karya Tulis Ilmiah. April 2015.

Berikut ini adalah dokumentasi pembelajaran Matematika melalui metode peer tutoring di kelas VI SDN I Ngelo Kecamatan Jatiroto:

pembelajaran tutor sebaya

pembelajaran tutor sebaya

pembelajaran tutor sebaya

pembelajaran tutor sebaya

pembelajaran tutor sebaya

pembelajaran tutor sebaya

pembelajaran tutor sebaya

pembelajaran tutor sebaya

pembelajaran tutor sebaya

pembelajaran tutor sebaya

Tentang Irwanto, S.Pd.SD

Seorang pendidik di sebuah SD negeri di Kabupaten Wonogiri yang ingin berbagi dan bertukar pemikiran serta berdiskusi tentang dunia pendidikan khususnya dunia sekolah dasar lewat blog.
Pos ini dipublikasikan di Metode Pembelajaran dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s