Materi Pokok PMR Mula


Pembinaan PMR di sekolah dan luar sekolah tidak akan berhenti. Setiap saat, setiap tahun diadakan perekrutan dan akan bermunculan anggota PMR baru, sedangkan yang sudah melewati masa keanggotaan remaja, akan melanjutkan jenjang yang lebih tinggi. Berhasilnya pembinaan dan pengembangan anggota PMR secara berkesinambungan tidak terlepas dari peran Pembina PMR karena mereka adalah SDM yang terdekat dengan anggota PMR dalam kesehariannya. Pengembangan karakter melalui wadah PMR perlu dipahami seutuhnya oleh para Pembina PMR, sehingga kegiatan PMR tidak hanya terbatas pada perekrutan, pelatihan, dan lomba, namun lebih kepada peran PMR untuk diri sendiri, teman sebaya, dan lingkungannya.

Peran Pembina PMR memberikan dukungan dalam bentuk pengembangan ide, saran-saran praktis, motivator, pendamping, serta dapat pula terlibat langsung atau menjadi bagian kegiatan mereka. Tidak hanya itu, pembina PMR juga memfasilitasi anggota PMR merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan perekrutan anggota PMR baru di unit PMR masing-masing. Selain itu Pembina PMR juga dapat membantu Markas cabang dalam pembentukan unit PMR baru.

Untuk mendukung proses keberhasilan dalam pembinaan PMR di lingkungan sekolah, maka perlu adanya koordinasi yang baik antara pihak-pihak yang terlibat, baik sekolah, pembina PMR, dan unit cabang PMI setempat. Untuk itu perlu ditetapkan materi pokok yang perlu disampaikan kepada anggota PMR di setiap sekolah yang bekerja sama dengan PMI. Materi pokok itu antara lain:

1. Mengenal Gerakan PMR Mula

2 Pertolongan Pertama PMR MULA

3. KEPEMIMPINAN PMR MULA

4. DONOR DARAH PMR MULA

5. Remaja Sehat Peduli Sesama PMR Mula

6.KESEHATAN REMAJA PMR MULA

7. Ayo Siaga Bencana PMR Mula

Semoga posting ini bermanfaat bagi rekan-rekan khususnya sesama pembina PMR Mula, dan semoga memberikan efek positif bagi semua kalangan yang peduli pendidikan Indonesia.

Salam bangkit.

 

 

Tentang Irwanto, S.Pd.SD

Seorang pendidik di sebuah SD negeri di Kabupaten Wonogiri yang ingin berbagi dan bertukar pemikiran serta berdiskusi tentang dunia pendidikan khususnya dunia sekolah dasar lewat blog.
Pos ini dipublikasikan di PMR Mula dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s