Kaidah Penggunaan Tanda Baca Koma (,)


Penggunaan ragam bahasa Indonesia dalam bahasa tulis secara baku tidak terlepas dari aturan-aturan atau kaidah-kaidah yang berlaku sesuai Ejaan yang telah disempurnakan (EYD). Aturan atau kaidah ini merupakan sebuah hal wajib dalam penggunaan ragam bahasa baku. Dalam penggunaan bahasa baku banyak sekali aturan atau kaidah, baik segi pemilihan atau penggunaan kata, struktur kalimat, penggunaan tanda baca maupun aturan penulisan kata/ kalimat.

Pada kesempatan posting ini, penulis akan menyampaikan sedikit kaidah/ aturan penggunaan tanda baca khususnya tanda baca koma (,). Dalam penggunaan tanda baca koma tidak boleh sembarangan, karena pada dasarnya tanda baca koma (,) digunakan untuk memisahkan kata atau kalimat. Selain itu tanda baca koma juga digunakan dalam penjedaan/ pemenggalan kata-kata dalam kalimat. Apabila terjadi kesalahan dalam penempatan tanda baca koma (,) ini bisa saja kalimat tersebut berubah makna.

Bila harus membahas secara panjang lebar tentang kaidah penggunaan tanda baca koma (,) ini tentu akan membutuhkan waktu yang lama dalam membaca artikel ini. Oleh karena itu, penulis akan menyajikan bahan ajar yang mungkin bisa Anda pelajari di rumah. Hal ini tentu akan membantu Anda belajar dengan lebih baik dan dapat dilakukan kapan saja. Silakan kunjungi link berikut ini untuk mengunduh bahan ajar tentang kaidah penggunaan tanda baca koma (,):

Kaidah Penggunaan Tanda Baca Koma

Semoga posting ini bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Salam bangkit.

 

Tentang Irwanto, S.Pd.SD

Seorang pendidik di sebuah SD negeri di Kabupaten Wonogiri yang ingin berbagi dan bertukar pemikiran serta berdiskusi tentang dunia pendidikan khususnya dunia sekolah dasar lewat blog.
Pos ini dipublikasikan di Bahan Ajar Bahasa Indonesia 6 dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s