Bahan Ajar Bahasa Indonesia: Kaidah Penulisan Huruf Kapital


Dalam pembelajaran bahasa di SD baik aspek mendengarkan, berbicara, membaca maupun menulis, tidak satu pun yang menuliskan Standar Kompetensi (SK) maupun Kompetensi Dasar (KD) tentang tata penulisan atau struktur kalimat dalam pembelajaran. Namun, tata penulisan dan struktur kalimat merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan. Meskipun tidak ada SK maupun KD-nya materi tersebut juga harus diajarkan kepada siswa. Hal ini dikarenakan soal-soal ujian sekolah seringkali menyajikan soal yang meminta siswa untuk memilih kalimat yang benar sesuai EYD.

Pertanyaan yang muncul adalah di mana kita harus mengajarkannya? Kapan? Apa yang harus diajarkan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut tentu panjang sekali bila harus dijabarkan. Pada intinya guru lah yang harus kreatif. Guru harus mampu mengidentifikasi dan mengembangkan bahan ajar sesuai cakupan materi yang ada. Di dalam materi yang diajarkan tentu ada cakupan materi secara ekspilisit yaitu tidak tergambar secara jelas. Dalam hal ini guru dapat mencari berbagai sumber dan referensi untuk membantunya dalam mengembangkan bahan ajar.

Pada kesempatan ini, penulis akan sedikit berbagi tentnag kaidah penulisan huruf kapital. Kaidah ini berkaitan dengan aspek menulis. Setiap ada materi pembelajaran menulis seperti membuat surat, undangan, ringkasan, pidato, puisi, atau yang lainnya guru harus mampu membimbing siswa dalam membenarkan kesalahan-kesalahan siswa yang seringkali mengabaikan kaidah penulisan huruf kapital ini. Nah, kali ini penulis akan menyampaikan bahan ajar yang berisi tentang aturan-atauran/ kaidah penulisan huruf kapital. Bila Anda merasa perlu untuk membaca materi ini lebih lanjut silakan kunjungi link berikut untuk mengunduh bahan ajar tersebut.

KAIDAH PENULISAN HURUF KAPITAL

Semoga posting ini memberikan manfaat bagi peningkatan mutu pendidikan Indonesia. Aamiin.

Salam bangkit.

Tentang Irwanto, S.Pd.SD

Seorang pendidik di sebuah SD negeri di Kabupaten Wonogiri yang ingin berbagi dan bertukar pemikiran serta berdiskusi tentang dunia pendidikan khususnya dunia sekolah dasar lewat blog.
Pos ini dipublikasikan di Bahan Ajar, Bahan Ajar Bahasa Indonesia 6 dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s