Pembelajaran Matematika Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Media Kontekstual


Pada postingan artikel sebelumnya, penulis telah menjelaskan langkah langkah penyelesaian operasi hitung penjumlahan bilangan bulat dengan media kontekstual berupa daun. Untuk kesempatan kali ini, penulis akan menyajikan langkah-langkah penyelesaian operasi hitung pengurangan bilangan bulat dengan media yang sama yaitu dengan daun. Berikut adalah  contoh persoalan yang mungkin ditemui dalam pembelajaran operasi hitung pengurangan bilangan bulat.
Contoh soal 1:
Hasil operasi hitung dari 6 – (-2) adalah ….
Langkah-langkah penyelesaian:
a. Ambil dan letakkan 6 buah daun muda/ hijau berjajar di atas meja.
b. Kita diminta mengambil dua buah daun kering dari kumpulan daun yang telah diletakkan di atas meja tetapi ternyata belum ada daun kering yang diletakkan di atas meja. Untuk penyelesaian permasalahan ini, kita harus mengingat pasangan daun muda/ hijau dengan daun kering merupakan netral yang nilainya nol (o). Sehingga bila kita tambahkan netral pada kumpulan daun di tas meja maka yang terjadi adalah 6 + 0 = 6.
c. Banyaknya  netral yang harus ditambahkan tergantung pada banyaknya daun kering yang ingin diambil. Karena banyaknya daun kering yang ingin diambil adalah 2 maka banyaknya netral yang ditambahkan adalah 2 sehingga 6 + 0 + 0 = 6.d. Setelah netral ditambahkan pada kumpulan daun muda/ hijau di atas meja, kita ambil daun kering di atas meja sejumlah 2 buah.
e. Hasil operasi hitung 6 – (-2) adalah banyaknya daun yang tersisa di atas meja yaitu 8 daun muda/ hijau atau +8. Jadi, Hasil operasi hitung 6 – (-2) = 8.

Contoh soal 2:
Hasil operasi hitung dari 3 – 4 adalah ….
Langkah-langkah penyelesaian:
a. Ambil dan letakkan 3 buah daun muda/ hijau berjajar di atas meja.
b. Kita diminta mengambil empat buah daun muda/ hijau dari kumpulan daun yang telah diletakkan di atas meja tetapi ternyata  banyaknya  daun muda/ hijau yang diletakkan di atas meja belum mencukupi. Untuk penyelesaian permasalahan ini, kita harus mengingat pasangan daun muda/ hijau dengan daun kering merupakan netral yang nilainya nol (o). Sehingga bila kita tambahkan netral pada kumpulan daun di tas meja maka yang terjadi adalah 3 + 0 = 3.
c. Banyaknya  netral yang harus ditambahkan tergantung pada banyaknya kekurangan daun yang  diambil. Karena banyaknya daun muda/ hijau yang ingin diambil adalah 4 maka banyaknya kekurangan daun muda./ hijau adalah 1 buah sehingga banyaknya netral yang ditambahkan adalah 1 sehingga 3 + 0  = 3.
d. Setelah netral ditambahkan pada kumpulan daun muda/ hijau di atas meja, kita ambil daun muda/ hijau di atas meja sejumlah 4 buah.
e. Hasil operasi hitung 3 – 4 adalah banyaknya daun yang tersisa di atas meja yaitu 1 daun kering atau -1. Jadi, Hasil operasi hitung 3 – 4 = -1.

Contoh soal 3:
Hasil operasi hitung dari -1 – 5 adalah ….
Langkah-langkah penyelesaian:
a. Ambil dan letakkan 1 buah daun kering di atas meja.
b. Kita diminta mengambil lima buah daun muda/ hijau dari kumpulan daun yang telah diletakkan di atas meja tetapi ternyata belum ada daun muda/ hijau yang diletakkan di atas meja. Untuk penyelesaian permasalahan ini, kita harus mengingat pasangan daun muda/ hijau dengan daun kering merupakan netral yang nilainya nol (o). Sehingga bila kita tambahkan netral pada kumpulan daun di tas meja maka yang terjadi adalah -1 + 0 = -1.
c. Banyaknya  netral yang harus ditambahkan tergantung pada banyaknya daun muda/ hijau yang ingin diambil. Karena banyaknya daun muda/ hijau yang ingin diambil adalah 5 maka banyaknya netral yang ditambahkan adalah 5 sehingga -1 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0 = -1.
d. Setelah netral ditambahkan pada kumpulan daun muda/ hijau di atas meja, kita ambil daun muda/ hijau di atas meja sejumlah 5 buah.
e. Hasil operasi hitung -1 – 5 adalah banyaknya daun yang tersisa di atas meja yaitu 6 daun kering atau -6. Jadi, Hasil operasi hitung -1 – 5 = -6.

Contoh soal 4:
Hasil operasi hitung dari -4 – (-9) adalah ….
Langkah-langkah penyelesaian:
a. Ambil dan letakkan 4 buah daun kering berjajar di atas meja.
b. Kita diminta mengambil sembilan buah daun kering dari kumpulan daun yang telah diletakkan di atas meja tetapi ternyata  banyaknya  daun kering yang diletakkan di atas meja belum mencukupi. Untuk penyelesaian permasalahan ini, kita harus mengingat pasangan daun muda/ hijau dengan daun kering merupakan netral yang nilainya nol (o). Sehingga bila kita tambahkan netral pada kumpulan daun di tas meja maka yang terjadi adalah -4 + 0 = -4.
c. Banyaknya  netral yang harus ditambahkan tergantung pada banyaknya kekurangan daun yang  diambil. Karena banyaknya daun kering yang ingin diambil adalah 9 maka banyaknya kekurangan daun kering adalah 5 buah sehingga banyaknya netral yang ditambahkan adalah 5 sehingga -4 + 0 + 0 + 0 + 0 + 0  = -4.
d. Setelah netral ditambahkan pada kumpulan daun muda/ hijau di atas meja, kita ambil daun kering di atas meja sejumlah 9 buah.
e. Hasil operasi hitung -4 – (-9) adalah banyaknya daun yang tersisa di atas meja yaitu 5 daun muda/ hijau atau +5. Jadi, Hasil operasi hitung -4 – (-9) = 5.

 

Demikian penjelasan operasi hitung pengurangan bilangan pecahan menggunakan media kontekstual berupa daun. Mohon maaf apabila dalam penjelasan kami terdapat kekeliruan. Namun apabila artikel ini memberi kemanfaaatan semoga dapat membantu dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia tercinta. Aamiin.

Salam bangkit.

 

Tentang Irwanto, S.Pd.SD

Seorang pendidik di sebuah SD negeri di Kabupaten Wonogiri yang ingin berbagi dan bertukar pemikiran serta berdiskusi tentang dunia pendidikan khususnya dunia sekolah dasar lewat blog.
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s