Bagaimana Mengenali Gaya Belajar?


Setiap manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, sungguh begitu sempurnanya ciptaan Allah SWT. Manusia juga dibekali daya cipta, rasa dan karsa yang dapat membuat mereka unggul daripada mahkluk ciptaan yang lainnya. Manusia mampu berpikir dengan lebih baik, menyelesaikan masalah dengan bijak dan mampu belajar dari apa yang telah dialami diri sendiri maupun orang lain.

Dalam kaitannya belajar, manusia memiliki cara yang berbeda-beda dalam menerima hal yang baru. Ibarat pepatah beda kepala beda maunya. Menurut Bobbi DePorter dan Mike Hernacki dalam bukunya yang berjudul Quantum Learning (2011: 110) mengatakan bahwa gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, di sekolah, dan dalam situasi-situasi antarpribadi. Ketika Anda menyadari bagaimana Anda dan orang lain menyerap dan mengolah informasi, Anda dapat menjadikan belajar dan berkomunikasi lebih mudah dengan gaya Anda sendiri.

Selain itu meskipun banyak sekali istilah-istilah tentang cara mengemukakan gaya belajar, telah disepakati secara umum terdapat dua kategori utama tentang bagaimana kita belajar. Pertama, bagaimana kita menyerap informasi dengan mudah (modalitas) dan kedua, cara kita mengatur dan mengolah informasi tersebut (dominasi otak). gaya belajar seseorang adalah kombinasi dari bagaimana ia menyerap, dan kemudian mengatur serta mengolah informasi.

Selanjutnya kita harus mengenali terlebih dahulu modalitas belajar kita termasuk modalitas visual, auditorial, atau kinestetik. hal ini bertujuan untuk mengetahui cara yang paling disenagi oleh diri kita dalam melakukan sesuatu. Misalnya, orang yang mempunyai modalitas visual cenderung belajar melalui apa yang mereka lihat, sedangkan orang auditorial menyenangi sesuatu yang mereka dengar dan orang kinestetik belajar melalui gerakan atau sentuhan. Meskipun terkadang kita menggunakan ketiga modalitas tersebut dalam belajar sesuatu, kebanyakan orang akan mempunyai kecenderungan terhadap salah satu modalitas belajar.

Mencari gaya belajar Anda dapat dengan mudah diketahui melalui cara Anda dalam merangkai sesuatu. Misalnya orang dangan gaya belajar visual maka dia akan membaca petunjuk atau instruksi yang ada kemudian mengikuti petunjuk tersebut sampai selesainya pekerjaan yang dilakukan. Sedang orang dengan gaya belajar auditorial akan meminta orang lain untuk mengatakan cara dan menuntun melakukan pekerjaan tersebut. Lain halnya dengan orang kinestetik, orang dengan gaya belajar ini akan langsung mengerjakan pekerjaan tanpa melihat petunjuk atau meminta orang lain untuk memandunya.

Selain dengan cara melihat perilaku seseorang dalam merangkai sesuatu, gaya belajar seseorang juga dapat dikenali lewat isyarat verbal yang sering digunakan. Pelajar visual umumnya menggunakan istilah “Itu kelihatannya baik untukku”. Pelajar auditorial menggunakan istilah “Itu kedengarannya baik untukku”. Sedangkan pelajar kinestetik seringkali menggunakan istilah “Itu rasanya baik untukku”.

Demikianlah sedikit cara untuk mengenali gaya belajar seseorang. Apabila seseorang belajar dengan cara yang tepat dan sesuai dengan keinginannya maka hal yang dipelajari tersebut akan berkesan dan bermakna bagi orang tersebut. Semoga kita sebagai guru dan orang yang peduli dengan dunia pendidikan selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikan orang-orang di sekitar kita.

Salam bangkit.

 

Referensi: Bobbi DePorter dan Mike Hernacki. 2011. Quantum Learning (Cetakan XXIX). Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.

Tentang Irwanto, S.Pd.SD

Seorang pendidik di sebuah SD negeri di Kabupaten Wonogiri yang ingin berbagi dan bertukar pemikiran serta berdiskusi tentang dunia pendidikan khususnya dunia sekolah dasar lewat blog.
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s