Arti Penting Tri Pusat Pendidikan


Seiring perkembangan zaman, pendidikan merupakan bagian yang penting dalam kehidupan setiap manusia. Pendidikan merupakan alat untuk mencapai masa depan dan kehidupan yang lebih baik. Dengan berpendidikan tinggi kesempatan atau peluang dalam menggapai impian dan harapan semakin besar dan terbuka lebar. Selain itu biasanya orang yang berpendidikan tinggi mempunyai citra yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak mengenyam pendidikan sehingga sebagian besar orang akan mempercayakan segala kepentingan, urusan maupun pekerjaan kepada orang-orang yang lebih berpendidikan.

Setiap orang tua pasti menaruh harapan yang tinggi kepada anak-anaknya. Harapan tersebut akan akan dituangkan dalam  pendidikan anaknya. Karena dengan berpendidikan tinggi maka seorang anak akan berpeluang lebih besar untuk mewujudkan harapan dan mimpi orang tua. Oleh karena itu setiap orang tua yang berasal dari golongan menegah ke atas dan menyadari akan pentingnya pendidikan seorang anak akan beromba – lomba mencarikan sekolah dengan kualitas yang baik. Bahkan mereka akan rela merogoh kocek yang dalam demi kemajuan pendidikan anaknya tersebut.

Namun hal tersebut ada benarnya, tapi juga bisa menjadi salah kaprah apabila orang tua hanya mempercayakan pendidikan kepada guru atau sekolah saja. Kenapa? Anda ingin mengetahuinya? Coba kita bayangkan saja. Setiap anak usia sekolah semisal akan berangkat ke sekolah sekitar pukul 07.00 atau 07.30, kemudian mereka akan berada di sekolah sampai waktu pulang sekolah tiba. Di sekolah mereka berinteraksi dengan guru di kelas serta teman-teman sekelasnya. Guru di sekolah menjadi seorang pendidik yang mendidik lebih dari satu karakter yang berbeda pada waktu yang sama, tentu hal ini akan menimbulkan sedikit ketidak cocokan.Namun saat di sekolah kebutuhan semua siswa akan disama ratakan dan diperlakukan sama tanpa adanya diskriminasi.
Pola perkembangan anak dapat diarahkan sebaik mungkin oleh guru saat anak tersebut berada di sekolah. Tapi guru mempunyai keterbatasan yaitu terbatasnya wewenang guru yang hanya dapat membimbing siswa di sekolah saja. Padahal waktu yang dihabiskan anak disekolah kurang lebih hanya 4-6 jam saja. Kalau kita kalkulasi dalam sehari ada 24 jam maka bila kita kurangi 6 jam masih tersisa 18 jam. Nah waktu 18 jam ini adalah waktu dimana anak belajar tanpa bimbingan dari gurunya. Lalu dengan siapa mereka belajar dan berinteraksi? Jawaban anda pasti keluarga dan lingkungan.

Keluarga merupakan lingkungan terdekat dengan anak. Dari lingkungan keluarga inilah karakter anak terbentuk. mereka (anak-anak) berinteraksi dengan orang tua atau saudaranya dengan intensitas yang ebih sering bila dibandingan dengan intensitas interaksi anak dengan guru di sekolah. Oleh karena itu,  lingkungan keluarga juga memegang peranan yang  penting dalam perkembangan anak baik dari segi mental emosianal maupun kognitifnya. Dengan dukungan lingkungan keluarga yang harmonis, seorang anak akan berkembang secara wajar dan berada pada jalur yang tepat. Namun sebaliknya, bila dilatarbelakangi lingkungan keluarga yang kurang harmonis tentu seorang anak akan terbebani secara psikis, bahkan dapat membuatnya minder.

Selain keluarga, lingkungan masyarakat juga memegang peranan dalam perkembangan anak. Suatu ketika anak akan keluar rumah untuk bermain dengan temannya, anak akan jalan-jalan, dan sebagainya. Peran penting lingkungan masyarakat juga termasuk faktor penting mengingat ketika anak tersebut berada di lingkungan masyarakat dan berinteraksi dengan orang disekitarnya (kecuali keluarga) maka orang tua tidak bisa melakukan pengawasan secara penuh. Apa yang dilakukan anak bersama temannya tidak bisa diketahui. Dengan siapa mereka berinteraksi pun sulit untuk kita kendalikan bila mereka telah berada di lingkungan masyarakat. Oleh karena itu, lingkungan yang baiklah yang yang memberikan pengaruh positif pada perkembangan anak begitu sebaliknya.

Oleh karena itu agar perkembangan anak berjalan dengan baik perlu adanya sinergi antara tiga lingkungan sebagai tri pusat pendidikan. Setiap lingkungan harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang nyaman, kondusif dan aman bagi anak-anak dalam berkembang. Jangan sampai salah satu lingkungan tersebut ada yang membawa pengaruh buruk, karena hal tersebut juga akan berpengaruh buruk pada anak kita kedepannnya.

Semoga hal sederhana ini bermanfaat bagi pembaca sekalian, semoga pendidikan di Indonesia semakin maju dengan adanya kesadaran akan pentingnya Tri Pusat Pendidikan sebagai suatu kesatuan yang berkaitan. Amiin.

Salam Bangkit.

Tentang Irwanto, S.Pd.SD

Seorang pendidik di sebuah SD negeri di Kabupaten Wonogiri yang ingin berbagi dan bertukar pemikiran serta berdiskusi tentang dunia pendidikan khususnya dunia sekolah dasar lewat blog.
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Arti Penting Tri Pusat Pendidikan

  1. ioirwan berkata:

    luaaaarrr biasa…🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s