Hakikat Media Pembelajaran


Media adalah alat bantu pengajaran dalam kegiatan belajar mengajar yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Media digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena memiliki kemampuan untuk (1) menyajikan peristiwa yang kompleks dan rumit menjadi lebih sistematik dan sederhana, (2) meningkatkan daya tarik dan perhatian pembelajar, dan (3) meningkatkan sistematika pembelajaran.

sebagai contoh, Ruseffendi, (1994:132) mendefinisikan alat peraga matematika atau media pembelajaran matematika merupakan alat untuk menerangkan / mewujudkan konsep matematika. Dalam  KBBI, (1993:20 ) memberi batasan bahwa alat peraga merupakan alat bantu mendidik dan mengajarkan siswa agar apa yang diajarkan mudah dimengerti oleh siswa.

Dalam hal ini, Muchadis (1996:14) mengemukakan beberapa kriteria yang dapat dipakai untuk menentukan keberhasilan suatu media pembelajaran. Adapun kriteria keberhasilan media terdiri atas (1) tingkat ketertarikan, (2) keterpahaman, (3) kredibilitasnya, (4) tingkat identifikasi perilaku atau kejadian, (5) ketepatan pesan yang disampaikan, (6) daya penuh terhadap pemusatan perhatian, (7) tingkat kesesuaiannya dengan usia, (8) keefektifan pendekatannya, (9) keseimbangannya dengan kelompok masyarakat, (10) tingkat penghargaan terhadap nilai-nilai, (11) tingkat keakuratan isinya, (12) kontribusinya terhadap kemampuan daya ingat, (13) efektif, dan (14) standar teknis.

Ada beberapa fungsi dari alat peraga atau media pembelajaran antara lain :

1)      dengan peraga siswa akan gembira dan timbul minat dalam mengikuti pembelajaran matematika.

2)      dengan  disajikannya  dalam  bentuk  konkrit, siswa  pada tingkat  yang lebih rendah akan lebih memahami dan mengerti apa yang diajarkan.

3)      anak  menyadari   adanya  hubungan  antara   pembelajaran  dengan benda-benda di sekitarnya

4)      konsep-konsep  abstrak yang  disajikan  dalam  bentuk  konkrit,  yaitu   model matematika dapat dijadikan obyek penelitian untuk ide-ide baru dan relasi-relasi baru (Russefendi, 1997:227-228 )

untuk lebih memperjelas pemahaman anda tentang media pembelajaran maka silakan baca Petunjuk Penggunaan Alat Peraga SD. Semoga posting ini memberikan manfaat yang besar bagi pendidikan di Tanah Air tercinta ini.

^;^ Salam bangkit

Tentang Irwanto, S.Pd.SD

Seorang pendidik di sebuah SD negeri di Kabupaten Wonogiri yang ingin berbagi dan bertukar pemikiran serta berdiskusi tentang dunia pendidikan khususnya dunia sekolah dasar lewat blog.
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag , , , , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s