Pendidikan Berkarakter


Baru – baru ini sedang trend dalam dunia pendidikan adalah perencanaan kegiatan pembelajaran dengan menyelipkan nilai – nilai atau karakter. Sesuai dengan fungsi guru sebagai agen perubahan maka kita sebagai guru tentu harus mampu melaksanakan setiap kebijakan baru yang dikeluarkan oleh pemerintah. Sehingga kita selalu siap dengan perubahan – perubahan yang ada, karena di dunia ini tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri. Kita sebagai guru harus memaknai setiap perubahan dalam dunia pendidikan sebagai hal yang positif dengan tujuan kemajuan Pendidikan Nasional. Untuk itu kita harus selalu mendukung dan menjadi pelaksana kebijakan tersebut bukan sebaliknya bersikap apatis dan pesimistis. Dengan kerjasama dan koordinasi yang baik dari berbagai pihak, kita harus yakin bahwa pendidikan di negara kita ini bisa dibangun dan menumbuhkan karakter yang kuat bagi generasi penerus yang akan datang.

Sebenarnya sebuah karakter sudah sering kita tanamkan pada diri siswa kita, hanya saja kita tidak pernah menyebutkan karakter – karakter yang kita kembangkan tersebut. Kita sebelumnya juga tidak mempunyai pedoman tertentu atau memasang patokan bahwa kita ingin mengembangkan sebuah karakter tertentu. Tetapi perlu kita ingat kembali bahwa dampak dari sebuah pembelajaran pasti akan melahirkan sebuah karakter yang kuat pada diri siswa. Oleh karena itu, bila kita menetapkan suatu karakter tertentu dalam kegiatan pembelajaran yang akan kita lakukan nantinya tentu karakter yang terbentuk dalam diri siswa dapat terarah dengan baik. Dengan kata lain kita dapat membentuk kepribadian (karakter yang kuat) siswa tetapi kita juga tidak boleh mengabaikan peran keluarga dan lingkungan sebagai kesatuan tri pusat pendidikan.

Keberhasilan Pendidikan Berkarakter ini tidak akan langsung secara nyata dapat kita rasakan dalam waktu dekat. Bahkan keberhasilan semua pendidikan di manapun pasti membutuhkan suatu batasan waktu bahkan hingga mencapai sebuah dekade di masa yang akan datang. Hal ini bisa kita lihat dari pendidikan yang pernah dilakukan bangsa ini di masa lampau. Kita tidak bisa menghakimi bahwa guru – guru bangsa di masa lampau telah menalami kegagalan dalam melaksanakan pembelajaran di dunia pendidikan. Jika kita menyebut hal tersebut sebagai sebuah kegagalan maka kitalah produk gagal itu. Namun kita juga tidak boleh mengatakan bahwa hal tersebut berhasil sempurna karena kita juga bukan sebuah generasi emas. Kita tentu tidak ingin disebut gagal tapi kita juga harus malu untuk mengakui bahwa kita telah berhasil, karena belum ada sumbang sih yang nyata yang terlihat dari diri kita untuk Bangsa ini. Suatu hal yang harus selalu kita tanamkan dalam diri kita sebagai guru adalah sebuah kejujuran berkarya, kreativitas dan inovasi dengan penuh tanggung jawab. Dan diharapkan hal ini juga dapat terwariskan pada anak didik kita nantinya.

Untuk lebih memahami pelaksanaan pendidikan berkarakter ini, maka silakan melihat Panduan Pelaksanaan Pendidikan Berkarakter, Semoga posting ini bermanfaat. Amiin.

*Salam Bangkit*

Tentang Irwanto, S.Pd.SD

Seorang pendidik di sebuah SD negeri di Kabupaten Wonogiri yang ingin berbagi dan bertukar pemikiran serta berdiskusi tentang dunia pendidikan khususnya dunia sekolah dasar lewat blog.
Pos ini dipublikasikan di Artikel dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s