educationshare

With share, We solve everything

Sistematika Proposal Pengembangan Karir PTK

pada Juli 4, 2013

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pedidikan Nasional  mengamanatkan bahwa “Setiap warga negara  mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu”. Berkaitan dengan hal tersebut, peningkatan kualifikasi akademik, kompetensi, dan profesionalisme, serta pengembangan karier guru nasional tidak dapat ditunda lagi. Implikasinya adalah Pemerintah perlu menyiapkan regulasi, memformulasikan kebijakan, dan mengemas berbagai program peningkatan kualifikasi akademik, kompetensi, dan profesionalisme, serta pengembangan karier berkelanjutan (continuous carrier development) bagi PTK dikdas, termasuk bagi guru SD maupun SMP, sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Sejatinya, guru sebagai tenaga profesional mempunyai tugas, fungsi, dan kedudukan yang sangat sentral dan strategis dalam penciptaan insan Indonesia cerdas, kompetitif, dan komprehensif. Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat. Di satu sisi, pengembangan guru sebagai profesi memerlukan suatu sistem pembinaan dan continuous proffesional development (CPD) atau pengembangan profesi berkelanjutan (PKB) yang terprogram dan berkelanjutan. Pada sisi yang lain, pembinaan guru sebagai profesi memerlukan continuous carrier development (CCD) atau pembinaan karier berkelanjutan (PKrB), yang sesuai dengan kebutuhan. Artinya, pengembangan profesi dan karier guru SD/ SMP sangat penting dan diperlukan untuk mendukung terwujudnya guru pada tataran nasional yang profesional.

Berdasarkan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permeneg PAN dan RB) Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, Pasal 1 butir 5, telah dirumuskan bahwa yang dimaksud dengan pengembangan keprofesian berkelanjutan adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitasnya. Pengembangan keprofesionalan dimaksud merupakan salah satu komponen pada unsur utama yang kegiatannya diberikan angka kredit dan merupakan salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi oleh guru untuk kenaikan pangkat/golongan dan jabatan setingkat lebih tinggi. Pegembangan yang dalam konteks iniSemua uaya itu sangat erat kaitannya dengan pengembangan karier guru.

Agar guru dapat memenuhi angka kredit yang diwajibkan untuk pengusulan kenaikan pangkat/golongan dan jabatan setingkat lebih tinggi sebagaimana dipersyaratkan pada Permeneg PAN dan RB dimaksud, maka guru dituntut untuk meningkatkan profesionalitasnya secara terus menerus melalui berbagai upaya, antara lain melalui pendidikan, bimbingan teknis, workshop, pelatihan, pengembangan profesi, dan kegiatan lainnya, baik melalui kegiatan di Pedoman Bantuan Peningkatan Karier PTK SD/ SMP melalui KKG SD atau MGMP SMP. Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan akan mendukung pengembangan karier guru sehingga guru menjadi lebih profesional dan mampu mendukung pembangunan pendidikan nasional.

Secara konstitusional, pengembangan profesi dan pembinaan karier guru, menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, merupakan kewajiban Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. Artinya, pengembangan profesi dan pembinaan karier SD guru merupakan tanggung jawab kolektif Pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. Pada Pasal 44 ayat (1) ditegaskan bahwa: Pemerintah dan pemerintah daerah wajib membina dan mengembangkan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah dan pemerintah daerah. Sedangkan dalam Bab XV Peran Serta Masyarakat dalam Pendidikan, Bagian Kesatu Umum, Pasal 54 ditegaskan bahwa (1) Peran serta masyarakat dalam pendidikan meliputi peran serta perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi profesi, pengusaha, dan organisasi kemasyarakatan dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pelayanaan pendidikan; (2) Masyarakat dapat berperan serta sebagai sumber, pelaksana, dan penggunaan hasil pendidikan.

Sehubungan dengan itu, Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, Kemdikbud melaksanakan program pemberian bantuan peningkatan karier PTK SD/ SMP melalui KKG SD atau MGMP SMP. Pemberian bantuan tersebut diharapkan dapat menigkatkan frekuensi dan intensitas kegiatan KKG SD atau MGMP SMP. Selain itu, pemberian bantuan dana tersebut juga diharapkan dapat mendorong peningkatan partisipasi dan kontribusi KKG SD atau MGMP SMP dalam pengembangan karier anggotanya. Pada gilirannya, upaya tersebut diharapkan berdampak secara signifikan terhadap peningkatan mutu guru secara nasional, serta berimplikasi positif terhadap peningkatan mutu pendidikan menuju standar nasional pendidikan.

Untuk mengoptimumkan implementasi dan kebermaknaan pemberian bantuan dana pengembangan peningkatan karier PTK Dikdas melalui KKG/ MGMP tersebut, Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, Kemdikbud menyusun, menerbitkan, mempublikasikan, mensosialisasikan, dan mendistribusikan Pedoman bantuan peningkatan karier PTK SD/ SMP melalui KKG/ MGMP. Pedoman ini diharapkan dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan bantuan peningkatan karier PTK SD melalui KKG SD tahun 2013 di seluruh wilayah tanah air.

Adapun pedoman tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini

Pedoman Penyusunan Proposal Pengembangan Karier PTK 2013

Sedangkan untuk sistematika Proposal sebagai berikut.

Sistematika Proposal Pengembangan Karir

Semoga hal ini bisa bermanfaat. (Sumber:Buku Pedoman Pengembangan Karier PTK 2013)

Salam Bangkit.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: